MACAM-MACAM TIPE DATA DALAM ALGORITMA

Dosen : Bpk. Eko Subyantoro, S.Kom., M.Kom
Mata Kuliah : Algoritma dan Pemrograman
Manajemen Informatika
POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG

Assalamu'alaikum wr.wb
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan ulasan mengenai TIPE DATA dalam ALGORITMA yang dipelajari dalam mata kuliah Algoritma dan Pemrograman di POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG. Baiklah berikut adalah ulasannya

TIPE DATA



         Tipe data merupakan suatu kesatuan konsep yang paling mendasar didalam pemrograman komputer, karena tipe-tipe data dasar dapat membentuk berbagai macam ekspresi yang akan digunakan dalam program.
         Tipe Data Dasar adalah himpunan nilai yang dapat dimiliki oleh sebuah data. Tipe data menentukan apakah sebuah nilai dapat dimiliki sebuah data atau tidak, serta operasi apa yang dapat dilakukan pada data tersebut. Contoh tipe data dalam dunia nyata adalah bilangan bulat. 
Dalam sebuah program, setiap variabel dan konstanta memiiki tipe data yang harus dideklarasikan di awal program. Pendeklarasian tipe data bertujuan untuk menentukan besarnya tempat dalam memori yang akan digunakan untuk menyimpan data tersebut saat program dijalankan. 
         Tipe data dasar adalah tipe data yang dapat langsung digunakan. Secara umum terdapat 2 tipe data dasar, yaitu Numerik dan Kategorik. Tipe data Numerik terdiri atas angka yang dapat dioperasikan dengan perhitungan, sedangkan Kategorik berupa angka maupun huruf namun tidak dapat mengalami operasi perhitungan.


Contoh beberapa tipe data dasar :

1. Integer/Bilangan Bulat

    Integer adalah tipe data dasar berupa bilangan yang tidak mengandung pecahan desimal. tipe data       ini memiliki urutan, sehingga dapat dibandingkan satu dengan lainnya.
    Secara teoritis, tipe data integer tidak memiliki batasan, yaitu dari minus tak hingga plus tak               hingga.

contoh integer : 2    3   -10   -135  2016

2. Real/ Bilangan Riil

    Real adalah tipe data dasar berupa bilangan yang memiliki pecahan desimal. Dalam pemrograman,     nilai dengan tipe data ini harus di tulis dengan titik sebagai pemisah bilangan utuh dan bilangan           pecahannya. tipe data ini digunakan untuk perhitungan yang melibatkan bilangan pecahan, seperti       perhitungan kosinus, akar persamaan, dan sebagainya. tipe data ini juga memiliki urutan sehingga       dapat dibandingkan satu dengan yang lainnya.

Contoh riil : 0.7  -3.678  89.7

 3. Char/ Karakter

     Char adalah tipe data dasar yang terdiri atas satu buah angka, huruf, tanda baca atau karakter              khusus. Dalam sebuah program, penulisan tipe data char diawali dan diakhiri dengan tanda kutip        ganda. Selain itu, terdapat karakter kosong yang disebut dengan null atau nil dan dituliskan " ". 

Contoh Char : "5"  "A"  "?"  "$"

4. String

String adalah tipe data dasar yang berupa kumpulan karakter dengan panjang tertentu. Meskipun berupa kumpulan karakter, karena tipe data string sering digunakan dalam pemrograman, string dianggap sebagai tipe data dasar.  diawali dan diakhiri dengan tanda kutip ganda. Selain itu, terdapat karakter kosong yang disebut dengan null atau nil dan dituliskan " ". 

contph string : "BANDUNG" "ABC123" "132453" "z"


5. Boolean/ Bilangan Logika

Data boolean memiliki tepat dua buah kemungkinan nilai, direpsentasikan sebagai Benar dan Salah, atau True dan False, atau dapat dilambangkan denan 1 dan 0. 


Sekian ulasan tipe data yang dapat saya uraikan semoga bermanfaat dan dapat membantu

Wasalamu'alaikum wr.wb

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MACAM-MACAM TIPE DATA DALAM ALGORITMA"

Posting Komentar