JARINGAN KOMPUTER

Definisi Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling dihubungkan satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media transmisi, sehingga dapat saling berbagi menggunakan sumber daya yang ada dan berkomunikasi.



SISTEM KOMUNIKASI

Sistem komunikasi membutuhkan media sebagai pembawa sinyal. Sistem transmisi sinyal bisa berupa kabel, GEM, Cahaya , dan lain-lain.
Untuk dapat menyampaikan data , sistem komunikasi juga membutuhkan aturan (Rule/Protocol). Sistem komunikasi adalah sistem kompleks yang dibangun dari media transmisi,carrier, dan protocol.



PERKEMBANGAN JARINGAN KOMPUTER

Sejarah jaringan komputer global dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik, dan dikenal sebagai ARPANET.  pada 1970 lebih dari 10 komputer berhasil dihubungkan satu sama lain dan saling berkomunkasi dan membentuk sebuah jaringan.

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail untuk ARPANET. pada tahu ini lambang @ juga mulai diperkenalkan yang menunjukkan "at" atau "pada".

Tahun 1971, Jaringan ARPANET dikembangkan meluas keluar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama. Pada tahun yang sama dua orang ahli mempresentasikan sebuah gagasan yang kemudian menjaadi cikal bakal pemikiran International Network. Ide ini pertama kali dipresentasikan di University Sussex.

26 Maret 1976, Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signal and Radar Establishment di Malvern.
Pada 1970, Tom Truscott, Jim Ellis, dan Stave Bellovin menciptakan newsgroup pertama diberinama USENET.  Tahun 1981 France Telcom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telepon televisi.

Tahun 1966 sampai 2000 berbagai perangkat keras dan perangkat lunak jaringan komputer telah banyak dihasilkan oleh berbagai perusahaan .

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JARINGAN KOMPUTER"

Posting Komentar