DEFINIS PASCAL (Bahasa Pemrograman)

Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Informasi
Program Studi : Manajemen Informatika
POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG

Assalamualaikum wr'wb

Pada kesempatan kali ini saya akan menshare mengenai bahasa pemrograman PASCAL yang pada postingan sebelumnya saya mengenai C++. Pada pembelajaran saya di Manajemen Informatika di POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG kami menggunakan bahasa pemrograman C++, namun kami tetap mempelajari Pascal.
Nah berikut adalah pembahasan mengenai bahasa pemrograman PASCAL .




PASCAL

Sejarah Pascal

Pascal adalah bahasa pemrograman yang pertama kali di buat oleh Profesor  Niklaus Wirth, seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971. Dengan mengambil nama dari matematikawan Perancis, Blaise Pascal, yang pertama kali menciptakan mesin penghitung, Profesor Niklaus Wirth membuat bahasa Pascal ini sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep pemrograman komputer kepada mahasiswanya. Selain itu, Profesor Niklaus Wirth membuat Pascal  juga untuk melengkapi kekurangan-kekurangan bahasa pemrograman yang ada pada saat itu.
B.

Kelebihan dari bahasa pemrograman Pascal adalah:

1.    Tipe Data Standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia pada kebanyakan  bahasa pemrograman. Pascal memiliki tipe data standar: boolean, integer, real, char, string,
2.    User defined Data Types, programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar.
3.    Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variabel, dan variabel tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain dari format yang ditentukan.
4.    Terstruktur, memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dipecah menjadi fungsi-fungsi kecil (procedure dan function) yang dapat dipergunakan  berulang-ulang.
5.    Sederhana dan Ekspresif, memiliki struktur yang sederhana dan sangat mendekati  bahasa manusia (bahasa Inggris) sehingga mudah dipelajari dan dipahami. Bahasa PASCAL juga merupakan bahasa yang digunakan sebagai standar bahasa  pemrograman bagi tim nasional Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI). Selain itu, Bahasa PASCAL masih digunakan dalam IOI (International Olympiad in Informatics).
 
Tipe Data

Dalam bahasa Pascal terdapat beberapa jenis tipe data yang bisa digunakan untuk sebuah variabel atau konstanta pada program. Tipe Data tersebut antara lain adalah  Tipe Data Deskripsi (range variabel)  Byte angka dari 0 sampai 255 Integer angka dari -32768 to 32767 Real semua nilai pecahan dari 1E-38 to 1E+38 Boolean nilai TRUE atau FALSE Char semua karakter dari tabel ASCII String semua huruf, spasi, frasa

CONTOH PROGRAM  PASCAL

CONTOH 1 PROGRAM MENGHITUN SUKU

Program Menghitung_Suku; Uses Wincrt; Var tot,suku:real; i:integer; Begin tot:=0; suku:=2; While tot <= 3.9999 Do Begin tot:=tot+suku; i:=i+1; suku:=suku/2; End; writeln(i); End.


Awal Lahirnya Bahasa Pemrograman Pascal

Pascal adalah bahasa pemrograman komputer yang dikembangkan oleh Niklaus Wirth pada tahun 1968–1969 dan dipublikasikan tahun 1970. Niklaus Wirth atau lengkapnya Niklaus Emil Wirth adalah seorang dosen, ilmuwan dan peneliti komputer berkebangsaan Swiss. Sebelum membuat Pascal, ia juga banyak mengembangkan bahasa pemrograman lain pada era 1960-an seperti Euler dan Algol W.
Nama Pascal dipilih untuk menghormati Blaise Pascal, seorang ilmuwan matematis Prancis yang pada tahun 1642 membuat kalkulator mekanis pertama di dunia. Kalkulator ini menjadi cikal bakal komputer modern.
Niklaus Wirth pada awalnya merancang bahasa Pascal untuk mengajarkan pemrograman kepada mahasiswa di Universitas ETH Zürich di Swiss. Pascal di desain menggunakan structured programming yang kemudian menjadi populer dan banyak digunakan oleh bahasa pemrograman setelahnya. Seiiring perkembangan komputer, bahasa pascal juga digunakan untuk aplikasi komersil.



Sejarah perkembangan Turbo Pascal

     Turbo Pascal adalah sebuah sistem perkembangan perangkat lunak yang terdiri atas kompiler dan lingkungan perkembangan terintegeras IDE ( Develovement Environment ) atas bahasa pemrograman Pascal untuk sistem operasi CP/M, CP/M-86 dan MS-DOS, yang dikembangakan oleh Borland pada masa kepemimpinan Philippe Khan. Nama Borland Pascal umumnya digunakan untuk paket perangkat lunak tingkat lanjut dengan kepustakaan yang lebih banyak dan pusaka kode sumber standar. Sementara versi yang lebih murah dan paling luas digunakan dengan nama Turbo Pascal. Nama Borlan Pascal juga digunakan sebagai dialek spesifik pascal buatan Borland.
Borland telah mengembangkan tiga buah versi lama dari turbo pascal secara gratis disebabakan karena sejarah yang panjang khusus untuk versi 1.0, 3.02 dan 5.5 yang berjalan pada sistemm operasi MS-DOS.

Turbo Pascal pada awalnya adalah kompiler Blue label Pascal yang dibuat untuk sistem operasi komputer mikro berbasis kaset, NAsSys, milik Nascom tahun 1981 oleh anders Hejlsberg. Kompiler tersebut ditulis ulang untuk CP/M dan dinamai Compas Pascal, dan kemudian dinamai Turbo Pascal untuk system operasi MS-Dos dan CP/M. Versi Turbo Pascal untuk Komputer Apple Macintosh sebenarnya telah dikembangkan pada tahun 1986, namun pemgembangannya dihentikan sekitar tahun 1992. Versi-versi lain pernah tersedia pula untuk mesin-mesin CP/M seperti DEC Rainbow dalam beberapa pengembangannya.

Borland membeli lisensi atas kompiler polypascal yang ditulis oleh Anders Hejlsberg (poly data adalah perusahaan yang didirikan di Denmark) dan menambahkan antara muka penggunaan serta editor . Anders Hejlsberg kemudian bergabung sebagai karyawan dan menjadi semua arsitek atas semua versi kompiler Turbo Pascal dan tiga versi pertamanya.


1.Turbo Pascal versiI

Versi pertama dari Turbo Pascal memiliki unjuk kerja yang sangat cepat dibandingkan dengan kompiler Pascal untuk komputer mikro lainnya . kompiler tersebut tersedia untuk system operasi CP/M CP/M-86, dan MS-Dos dan penggunaannya sangat luas pada masa itu .versi turbo pascal CP/M saat itu biasa digunakan pada komputer apple II yang sangat popular jika digunakn dengan sebuah Z-80 SoftCArd produk perangkat keras pertama yang dikembangakan Microsoft di tahun 1980.

Pada saat itu CP/M menggunakan format berkas executable yang sederhana dengan mengunakan ektensi .COM , system operasi MS-DOS bisa menggunakannya baik .COM ( tidak compatible dengan format yang terdapat pada CP/M) maupun format .EXE . Turbo Pascal pada saat itu hanya mendukung kode biner berformat.COM, pada masa itu hal tersebut tidak menjadi suatu bentuk keterbatasan . perangkat lunak Turbo Pascal itu sendiri merupakan berkas berektensi .COM dan berukuran sekitar 28 kilobita termasuk editor, compiler, dan linker dan rutin-rutin pusaka . Efisiensii proses edit/ kompilasi/ jalankan lebih cepat dibandingkan dengan implementasi Pascal pada kompiler lainnya disebabkan semua elemen yang terkait dalam pengembangan program diletakan pada memori komputer (RAM) dan karena kompilernya sendiri merupakan kompiler berjenis single-pass kompiler yang ditulis dengan bahasa assembler, dan untuk proses kerja kompilasi sangat cepat dibandingkan dengan produk lain ( bahkan dibandingkan dengan compiler C milik Borland sendiri ).

Ketika pertama kali versi Turbo Pascal muncul pada tanggal 20 november 1983 jenis IDE yang digunakan masih terbilang baru. Pada debutnya terhadap pasar perangkat lunak di Amerika perangkat lunak tersebut dibandrol dengan harga sekitar $ 49.99 kualitas kompiler Pascal terintegrasi terhadap dalam Turbo Pascal sangat baik dibandingkan competitor lain dan atas fitur-fitur tersebut ditawarkan dengan harga yang terjangkau.

2.Turbo Pascal vers II dan III

Merupakan pengembangan lebih lanjut dari versi sebelumnya mampu bekerja dalam memori dan menghasilkan berkas biner berektensi .COM/.CMD. dukungna atas sistem operasi CP/M dan CP/M-86 dihentikan setelah versi III

3.Turbo Pascal versi IV

Dikembangkan pada tahun1987 merupakan perangkat lunak yang ditulis yang untuk keseluruhan system kompiler menghasilkan berkas biner berektensi .EXE pada MS-DOS dan tidak lagi .COM. Sistem operasi CP/M dan CP/M-86 tidak lagi didukung pada versi kompiler ini versi ini pula memperkenalkan sebuah tatap muka berlayar penuh yang dilengkapi dengan menu menarik, versi –versi awal memiliki layar menu berbasis teks, dan editor berlayar penuh. Microsoft Windows belum ada pada saat versi ini dikembangkan.

4.Turbo Pasca lversi V

Diperkenalkan dengan layar biru yang menjadi ciri khas yang sangat familiar dan kemudian menjadi merk dagang perusahaan perangkat kompiler MS-DOS sampai era DOS berakhir di petengahan tahun 1990-an.

5.Turbo Pascal versi VII

Versi terakhir yang pernah dikembangkan adalah versi 7 Borland Pascal 7 terdiri atas sebuat IDE dan kompiler untuk MS-DOS ,DOS terektensi , dan program Windows. Turbo Pascal 7 disisi lain hanya bisa membuat program MS-DOS standar. Perangkat lunak tersebut dilengkapi pula dengan pusaka grafis yang mengabstraksi pemrograman dalam menggunakan beberapa driver grafis eksternal, namun untuk kerja pusakan ini tidak memuaskan.

Meski semua versi Turbo Pascal mendukung inline machine code. Kode mesin yang disertakan dengan berbasi kode sumber bahasa pascal, versi-versi berikut mendukung integrasi bahasa perakit (assembler) dengan pascal secara mudah . Hal ini memungkinkan pemrogram untuk meningkatkan kerja eksekusi program lebih lanjut selain itu mememungkinkan pemrogram untuk mengakses perangkat keras secara langsung .
Dukungan atas model memori atas prosesor 8086 tersedia melalui inline assembly, opsi kompiler, dan eksensi bahasa seperti 30menggunakan kunci “absolute”.





Demikianlah pembahasan mengenai bahasa pemrograman Pascal , semoga bermanfaat 

Wasalamualaikum wr'wb

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DEFINIS PASCAL (Bahasa Pemrograman)"

Posting Komentar