ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN

Dosen : Bpk. Eko Subyantoro,S,Kom.,M.Kom
Mata Kuliah : Algoritma Dan Pemrograman
Manajemen Informatika
POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG

ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN

ALGORITMA 



Kata 'Algoritma' diturunkan dari nama belakang seorang tokoh matematikawan Persia bernama Muhammad ibn Musa Al-Khuwarizmi yang lahir pada tahun 730an dan meninggal sekitar tahun 830 dan 850.  Al -Khuwarizmi berasal dari propinsi Khorosan di negera yang saat ini bernama Uzbekistan.

Algoritma merupakan metode umum yang digunakan untuk menyelesaikan kasus-kasus tertentu.
Dalam menuliskan algoritma dapat digunakan bahasa natural atau notasi matematika, sehingga masih belum dapat dijalankan oleh komputer.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sudah melakukan penyusunan algoritma untuk ,menyelesaikan masalah yang dihadapi. contohnya saat kita membuat telur dadar. Sebelum membuat algoritmanya, kita harus menentukan input dan output terlebih dahulu.

Contoh Algoritma membuat telur dadar :

1. Nyalakan api kompor
2. Tuangkan minyak ke dalam wajan
3. Pecahkan telur ayam ke dalam mangkok
4. Tambahkan garam secukupnya
5. Aduk campuran telur dan garam
6. Tuang adonan telur ke dalam wajan
7. Masak telur hingga matang

Algoritma akan lebih baik jika ditulis secara sistematis menggunakan beberapa skema. contohnya skema Flowchart dan Pseudocode yang akan dibahas dipos berikutnya.


PROGRAM

Program adalah formulasi sebuah Algoritma dalam bentuk bahasa pemrograman. sehingga siap untuk dijalankan pada mesin komputer . Membuat program seperti memberitahukan apa yang harus dilakukan kepada orang lain.

BAHASA PEMROGRAMAN 

Bahasa Pemrograman adalah bahasa buatan yang digunakan untuk mengendalikan perilaku dari sebuah mesin, biasanya berupa mesin komputer, sehingga dapat digunakan untuk memberitahu komputer tentang apa yang harus dilakukan.

Klasifikasi Menurut Generasi 

1. First Generation Language

Bahasa Pemrograman ini berupa kode-kode mesin yang hanya dipahami oleh mikroprosesor.

2. Second Generation Language (2GL)

Bahasa pada generasi ini adalah assembly language, dimana bahasa ini menggunakan kode-kode yang disebut  mnemonic bukanlah bahasa asli mikroprosesor.

3. Generasi Ketiga

 Pada generasi ketiga mulai dikenalkan istilah variabel, tipe data, ekspresi aljabar dan sudah mendukung pemrograman terstruktur .
Contoh : FORTRAN, COBOL, ALGOL, BASIC, C++, Pascal, dan Java.

4. Generasi Keempat 

Pada generasi ini, bahasa pemrograman didesain untuk mengurangi effort dan mempercepat proses pembuatan program. Pada generasi keempat telah menggunakan metodologi dimana sebuah perintah dapat menghasilkan beberapa intruksi yang kompleks dengan sedikit error.
Contoh Bahasa :
a. Pemrograman umum : DataFlex, WInDev, PowerBuilder
b. Basis data : SQL, Progress 4GL
c. Manipulasi data, analisis dan pelaporan : ABAP, Matlab, PL/SQL.

5. Generasi Kelima 

Bahasa Pemrograman generasi kelima disebut sebagai constraint programming atau declarative programming . Program tidak dituliskan dalam bentuk algoritma melainkan dituliskan batasan atau fakta dari sebuah masalah, sehingga program akan menghasilkan output dalam bentuk solusi.
Bahasa pemrograman ini digunakan untuk membangun sistem kecerdasan buatan.
Contoh bahasa : Prolog, LISP, Mercury.

Klasifikasi Menurut Tingkatan

1. Low-Level Programming Language

Tingkat bahasa pemrograman ini disebut 'rendah' karena kurangnya abstraksi  (penggambaran kode intruksi) antara bahasa natural dengan bahasa mesin. Oleh karena itu, bahasa di tingkat ini sering disebut bahasa mesin.

2. High-Level Programming Language 

Bahasa pemrograman ditingkat ini  memiliki abstraksi yang lebih banyak dan terdapat kemiripan dengan bahasa natural (bahasa inggris) maka lebih mudah digunakan dan dipahami untuk dipindahkan antar platform

3. Very High-Level Programming Language 

Bahasa Pemrograman ini memiliki abstraksi yang lebih tinggi. Digunakan untuk menunjang produktivitas Programmer profesional , dan digunakan lebih spesifik misalnya untuk keperlan bisnis : mengolah data, membuat laporan.


Sekian Definisi dari Algoritma dan Pemrograman semoga Bermanfaat



Sumber : Buku Algoritma dan Pemrograman POLITEKNIK TELKOM BANDUNG 2009
                Buku Catatan saya

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN "

  1. wah senang sekali bisa menemukan penulis materi powerbuilder, yuk tengokin resource lain tentang powerbuilder di alamat www.pbdev.id tempat ngumpulnya developer powerbuilder indonesia, ada tutorial dan sample library yang bisa di download secara gratis

    BalasHapus